Tugas UTS Pembelajaran Menulis
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Galuh Ciamis
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Galuh Ciamis
UJIAN TENGAH SEMESTER
Soal
Menulis
merupakan sebuah proses. Tomkins dan Hosskinson (1991) menguraikan proses
menilis menjadi lima tahapan yakni :
1. Pramenulis
2. Penyusunan
Draf Tulisan
3. Revisi
4. Pengeditan
5. Publikasi
Tugas
saudara adalah membuat media pembelajaran berupa Power Point Presentation (PPT) dengan memperhatikan proses di
atas!
Jawaban
Sebelum
menjawab soal di atas, saya akan menentukan kompetensi dasar dan indikator yang
harus dituntaskan oleh guru dan siswa.
A. Kompetensi
Dasar
4.2
Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni
daerah) secara tulis maupun lisan dengan memperhatikan struktur kebahasaan baik
secara lisan maupun tulis.
B. Indikator
Pencapaian Kompetensi
·
Merecanakan penulisan teks deskripsi
·
Menulis teks deskripsi dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah penggunaan kata
kalimat/tanda baca/ejaan.
Berikut
ini akan dipaparkan kelima tahapan menulis menurut Tomkins dan Hosskinson
(1991) dengan mengacu pada kompetensi dasar dan indikator.
1.
Tahap
Pramenulis
a. Siswa
memilih topik yang akan dituliskan. Pemilihan topikini dapat dilakukan dengan
cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari ide di luar kelas (hal
ini disesuaikan dengan metode dan teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru,
misalnya pada saat ini guru menggunakan metode Proses Menulis dan teknik
Outdoor Learning-pembelajaran di luar kelas). Di luar kelas, siswa dapat
menentukan objek apa yang akan mereka deskripsikan sesuai keinginannya.
b. Siswa
menentukan maksud dan tujuan penulisan. Dalam tulisan yang dibuatnya nanti,
siswa dapat menyisipkan tujuan penulisan dari teks deskripsi mengenai objek
yang ia deskripsikan.
c. Siswa
membuat kerangka karangan. Kerangka karangan ini berisi kata kunci atau hal-hal
lain yang berhubungan dengan objek yang akan di deskripsikan.

Gambar 1. Tahap
Pramenulis
2.
Tahap
Penyusunan Draf Tulisan
Penyusunan
draf ini adalah proses lanjutan dari tahap pramenulis. Disini siswa akan mengembangkan
kerangka karangan yang telah dibuatnya (pada tahap pramenulis poin c).
Penyusunan draf tulisan ini meliputi:
·
Judul tulisan,
·
Pernyataan umum/pengenalan objek,
·
Kondisi fisik objek,
·
Perincian beberapa bagian dari objek,
·
Simpulan tanggapan terhadap objek, dan
·
Kesan terhadap objek

Gambar
2. Tahap Penyusunan Draf Tulisan
3.
Tahap
Revisi
Pada
tahap ini, siswa saling bertukar tulisan hasil karangannya untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang
terdapat dalam teks deskripsi yang mereka buat. Kesalahan-kesalahan yang
diteliti diantaranya :
·
Struktur dan susunan teks deskripsi
·
Struktur kalimat
·
Ejaan dan tanda baca

Gambar
3. Tahap Revisi
4.
Tahap
Pengeditan
Pada
tahap ini siswa dengan bantuan teman sebangkunya mengoreksi dan memperbaiki
tulisannya kembali. Khususnya dalam hal penggunaan ejaan, kejelasan tulisan,
kesalahan format dan kesalahan-kesalahan mekanis lainnya.

Gambar 4. Tahap Pengeditan
5.
Tahap
Publikasi
Pada
tahap ini, siswa mempublikasikan hasil tulisannya (teks deskripsi).
Pempublikasian ini dapat dilakukan dengan cara pembacaan di depan kelas atau
ditempel di majalah dinding kelas/sekolah sesuai dengan rekomendasi guru.

Gambar 5. Tahap Publikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar