Minggu, 20 November 2016

Pembelajaran Menulis


Tugas UTS Pembelajaran Menulis
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Galuh Ciamis

UJIAN TENGAH SEMESTER
Soal
Menulis merupakan sebuah proses. Tomkins dan Hosskinson (1991) menguraikan proses menilis menjadi lima tahapan yakni :
1.      Pramenulis
2.      Penyusunan Draf Tulisan
3.      Revisi
4.      Pengeditan
5.      Publikasi
Tugas saudara adalah membuat media pembelajaran berupa Power Point Presentation (PPT) dengan memperhatikan proses di atas!
Jawaban
Sebelum menjawab soal di atas, saya akan menentukan kompetensi dasar dan indikator yang harus dituntaskan oleh guru dan siswa.
A.    Kompetensi Dasar
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni daerah) secara tulis maupun lisan dengan memperhatikan struktur kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
B.     Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Merecanakan penulisan teks deskripsi
·         Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan.
Berikut ini akan dipaparkan kelima tahapan menulis menurut Tomkins dan Hosskinson (1991) dengan mengacu pada kompetensi dasar dan indikator.
1.      Tahap Pramenulis
a.       Siswa memilih topik yang akan dituliskan. Pemilihan topikini dapat dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari ide di luar kelas (hal ini disesuaikan dengan metode dan teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru, misalnya pada saat ini guru menggunakan metode Proses Menulis dan teknik Outdoor Learning-pembelajaran di luar kelas). Di luar kelas, siswa dapat menentukan objek apa yang akan mereka deskripsikan sesuai keinginannya.
b.      Siswa menentukan maksud dan tujuan penulisan. Dalam tulisan yang dibuatnya nanti, siswa dapat menyisipkan tujuan penulisan dari teks deskripsi mengenai objek yang ia deskripsikan.
c.       Siswa membuat kerangka karangan. Kerangka karangan ini berisi kata kunci atau hal-hal lain yang berhubungan dengan objek yang akan di deskripsikan.
Slide 2.PNG

Gambar 1. Tahap Pramenulis
  
2.      Tahap Penyusunan Draf Tulisan
Penyusunan draf ini adalah proses lanjutan dari tahap pramenulis. Disini siswa akan mengembangkan kerangka karangan yang telah dibuatnya (pada tahap pramenulis poin c). Penyusunan draf tulisan ini meliputi:
·         Judul tulisan,
·         Pernyataan umum/pengenalan objek,
·         Kondisi fisik objek,
·         Perincian beberapa bagian dari objek,
·         Simpulan tanggapan terhadap objek, dan
·         Kesan terhadap objek
slide 2 rev.PNG
Gambar 2. Tahap Penyusunan Draf Tulisan

3.      Tahap Revisi
Pada tahap ini, siswa saling bertukar tulisan hasil karangannya  untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam teks deskripsi yang mereka buat. Kesalahan-kesalahan yang diteliti diantaranya :
·         Struktur dan susunan teks deskripsi
·         Struktur kalimat
·         Ejaan dan tanda baca
slide 4.PNG
Gambar 3. Tahap Revisi
4.      Tahap Pengeditan
Pada tahap ini siswa dengan bantuan teman sebangkunya mengoreksi dan memperbaiki tulisannya kembali. Khususnya dalam hal penggunaan ejaan, kejelasan tulisan, kesalahan format dan kesalahan-kesalahan mekanis lainnya.
slide 5.PNG


Gambar 4. Tahap Pengeditan
5.      Tahap Publikasi
Pada tahap ini, siswa mempublikasikan hasil tulisannya (teks deskripsi). Pempublikasian ini dapat dilakukan dengan cara pembacaan di depan kelas atau ditempel di majalah dinding kelas/sekolah sesuai dengan rekomendasi guru.
slide 6.PNG



Gambar 5. Tahap Publikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar